18 March 2005

Resensi : The Art of Innovation

Dari bacaan buku
The Art of Innovation.
Pelajaran Kreativitas dari IDEO,
Perusahaan Desain Terkemuka di Amerika

"Rutinitas adalah musuh utama inovasi", tutur Tom Kelley, General Manager dari IDEO (http://www.ideo.com). Teamwork adalah semangat disertai galang-gagas (brainstorming) yang tiada henti adalah tindakan yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan. Inilah yang menjadikan IDEO, sebuah perusahaan disain terkemuka di dunia memperoleh IndustrialDesign Excellence Award selama lebih dari satu dekade. Bagi kita yang belum pernah mendengar nama perusahaan ini, selain telah mendisain lebih
dari 3000 produk kelas dunia, IDEO adalah perancang mouse komputer yang dipakai pertama kali oleh Apple Computer.

Yang sangat menarik, buku karangan Tom Kelley dan Jonathan Litman dengan pengantar Tom Peters ini tidak seperti buku-buku lain tentang kisah sukses perusahaan yang lebih banyak menceritakan orangnya. Tetapi setiap halaman buku ini mempunyai fokus yang rinci tentang proses bagaimana enerji dan rahasia inovasi demi inovasi yang tiada henti dapat dihasilkan, sejak "pengertian produk, observasi, visualisasi, evaluasi, perbaikan dan implementasi". Tom Kelly memberikan ratusan contoh nyata
bagaimana melakukan observasi pada pengguna produk kliennya, 7 rahasia galang-gagas yang efektif, dan bagaimana proses iterasi suatu disain hingga sebuah produk dapat digunakan.

Buku yang telah diterjemahkan ke dalam delapan bahasa, termasuk Indonesia ini ditulis dengan gaya populer, sehingga setiap metode yang diceritakan dalam buku ini menjadi sangat inspiratif untuk diterapkan dan dikembangkan dalam lingkungan perusahaan tempat kita bekerja.

Inovasi adalah untuk masa depan yang dapat diprakirakan. Dan The Art of Innovation adalah untuk mereka yang memiliki keberanian untuk memulai sesuatu yang baru. Jadi... lanjutkan menyaksikan pertunjukkannya ! Itulah kata-kata Tom Peters pada bagian pengantar buku ini.

Semoga bermanfaat.

16 March 2005

Buku : Knowledge Management - Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Lendy Widayana.
KNOWLEDGE MANAGEMENT - Meningkatkan Daya Saing Bisnis (127 halaman)
Penerbit : BayuMedia Publishing, Februari 2005

Setelah lebih dari tiga tahun, dengan referensi digital sebesar 600 Megabytes lebih, 20 text book dan literatur KM, ditambah sederet pengalaman baru menerapakan KM, buku ini akhirnya bisa terbit juga.

Karena peranan KM yang semakin strategis dalam organisasi apapun, mudah-mudah an buku ini bisa menambah wawasan bagi praktisi dan pemerhati KM di Indonesia.

Penulis, Pebruari 2005



Bab 1 PENGANTAR PRAKTIS KNOWLEDGE MANAGEMENT

A. Latar Belakang KM dan Ekonomi Berbasis Knowledge
B. Lahirnya Knowledge Management
C. Definisi Knowledge Management
D. Dari Data, Informasi, hingga Knowledge
E. Tipe dan Sifat Knowledge dalam Organisasi
F. Manfaat KM dalam Organisasi Bisnis
G. Kerangka Kerja Knowledge Management untuk Perusahaan

Bab 2 TUJUH LANGKAH MENYELARASKAN KM DENGAN TUJUAN PERUSAHAAN

A. Mendiagnosis Tingkat Knowledge
B. Mengadakan Sharing Vision secara Periodic
C. Membangun Organisasi Pembelajar
D. Membangun Budaya Knowledge- Sharing
E. Mengubah Knowledge Menjadi Tindakan
F. Mengukur Efektivitas Knowledge Management
G. Melembagakan Knowledge Management

Bab 3 KM DAN TEKNOLOGI INFORMASI

A. Prakondisi dalam Menggunakan Teknologi Informasi
1. Intranet
2. Groupware
3. Forum untuk News dan Interaksi Pendapat
4. Knowledge- Sharing Interaktif

B. Manajemen Dokumen
1. Penyimpanan dan Pengambilan Dokumen
2. Dokumen Teks dan Gambar Kerja Pribadi dan yang Berasal dari Internet
3. Dokumen Suara dan Video
4. Perangkat Lunak Terintegrasi untuk Solusi Knowledge Management

C. Aplikasi Teknologi Informasi dalam Knowledge Management

1. Database Keahlian dan Pengalaman Personel dalam Perusahaan
2. Mendukung Penjualan dan Layanan Pelanggan
3. Awal Kisah Sukses Cisco dalam Menjalankan E-Business
4. Knowledge- Sharing dan Internet
5. Tools Teknis yang Berhubungan dengan Knowledge Management

Bab 4. Direktori Knowledge Management