18 March 2005

Resensi : The Art of Innovation

Dari bacaan buku
The Art of Innovation.
Pelajaran Kreativitas dari IDEO,
Perusahaan Desain Terkemuka di Amerika

"Rutinitas adalah musuh utama inovasi", tutur Tom Kelley, General Manager dari IDEO (http://www.ideo.com). Teamwork adalah semangat disertai galang-gagas (brainstorming) yang tiada henti adalah tindakan yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan. Inilah yang menjadikan IDEO, sebuah perusahaan disain terkemuka di dunia memperoleh IndustrialDesign Excellence Award selama lebih dari satu dekade. Bagi kita yang belum pernah mendengar nama perusahaan ini, selain telah mendisain lebih
dari 3000 produk kelas dunia, IDEO adalah perancang mouse komputer yang dipakai pertama kali oleh Apple Computer.

Yang sangat menarik, buku karangan Tom Kelley dan Jonathan Litman dengan pengantar Tom Peters ini tidak seperti buku-buku lain tentang kisah sukses perusahaan yang lebih banyak menceritakan orangnya. Tetapi setiap halaman buku ini mempunyai fokus yang rinci tentang proses bagaimana enerji dan rahasia inovasi demi inovasi yang tiada henti dapat dihasilkan, sejak "pengertian produk, observasi, visualisasi, evaluasi, perbaikan dan implementasi". Tom Kelly memberikan ratusan contoh nyata
bagaimana melakukan observasi pada pengguna produk kliennya, 7 rahasia galang-gagas yang efektif, dan bagaimana proses iterasi suatu disain hingga sebuah produk dapat digunakan.

Buku yang telah diterjemahkan ke dalam delapan bahasa, termasuk Indonesia ini ditulis dengan gaya populer, sehingga setiap metode yang diceritakan dalam buku ini menjadi sangat inspiratif untuk diterapkan dan dikembangkan dalam lingkungan perusahaan tempat kita bekerja.

Inovasi adalah untuk masa depan yang dapat diprakirakan. Dan The Art of Innovation adalah untuk mereka yang memiliki keberanian untuk memulai sesuatu yang baru. Jadi... lanjutkan menyaksikan pertunjukkannya ! Itulah kata-kata Tom Peters pada bagian pengantar buku ini.

Semoga bermanfaat.

1 Comments:

At 4:06 PM, Blogger fahmi said...

Hei. Salam Jumpa.
Beberapa tahun yang lalu saya sempat baca buku IDEO ini, dan sampai sekarang masih terinspirasi.

 

Post a Comment

<< Home